Tingkatkan Standar Keamanan Bandara, Apex In Security Review Digelar Di Bandara Lombok - NESIANEWS.COM

Tingkatkan Standar Keamanan Bandara, Apex In Security Review Digelar Di Bandara Lombok

- Wartawan

Senin, 18 September 2023 - 09:23 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

NESIANEWS.COM – PT Angkasa Pura I bersama organisasi kebandarudaraan dunia Airports Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Security Review di Bandara Lombok, 18 hingga 22 September 2023 mendatang.

APEX in Security Review merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh ACI untuk melakukan asesmen dan review terhadap standar keamanan yang berlaku di Bandara Lombok berdasarkan standar yang ditetapkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO).

“Standar keamanan bandara merupakan aspek yang sangat penting dalam industri aviasi. PT Angkasa Pura I berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan, termasuk dari sisi keamanan bandara. Untuk itu kami mengikutsertakan Bandara Lombok dalam kegiatan APEX in Security Review ini,” ujar Direktur Operasi PT Angkasa Pura I MMA Indah Preastuty.

BACA JUGA :  Pangkalan TNI AL Simeulue Bersama Desa Binaan Bangun Sektor Unggulan Desa

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut Indah, Bandara Lombok memiliki peran vital dan merupakan pintu gerbang utama ke Pulau Lombok dan NTB, yang memiliki beragam destinasi pariwisata, termasuk Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika. “Lombok juga merupakan tuan rumah bagi event-event berkelas dunia seperti MotoGP, WSBK, dan lainnya,” imbunya.

Program APEX in Security Review juga bertujuan untuk memberikan asistensi bagi pengelola bandara yang menjadi anggota ACI untuk meningkatkan standar keamanan bandara, menyelaraskan antara kepatuhan terhadap peraturan dengan kebutuhan operasional bandara sehari-hari.

“Tim asesor dan observer dari ACI yang akan melakukan penilaian dan review di Bandara Lombok merupakan para ahli industri kebandarudaraan dunia, dipimpin Declan Troy, APEX in Security Review Team Leader yang juga merupakan Security Manager of Dublin Airport, Irlandia,” kata Indah.

BACA JUGA :  Hasil Audit BPKP, PDAM Lombok Tengah kembali Mendapat Predikat Sehat

Selama pelaksanaan APEX in Security Review, tim ACI akan melakukan review terhadap sejumlah aspek keamanan di Bandara Lombok, mulai dari SDM, fasilitas, dokumen, hingga manajemen mutu.

Pada aspek SDM, ACI melaksanakan review terhadap proses rekrutmen, pemeriksaan latar belakang, serta pelatihan terhadap personel airport security. Untuk aspek fasilitas, hal-hal yang ditinjau adalah terkait perlindungan area perimeter, desain terminal, pengawasan jalur akses, pemeriksaan terhadap fasilitas dan perlengkapan keamanan bandara, serta keamanan area landside bandara.

BACA JUGA :  Tanah Lapangan Ubung Milik Pemda ? Kades Ubung Geram!!!

Sedangkan aspek dokumen, tim asesor dari ACI melaksanakan review terhadap seluruh dokumen terkait standar keamanan bandara, seperti Airport Security Programme (ASP), dokumen Standard Operating Procedure (SOP) keamanan, serta peninjauan terhadap manajemen risiko. Sementara untuk aspek manajemen mutu, hal-hal yang dilakukan peninjauan adalah terkait budaya keamanan, audit internal, pelaporan dan pemantauan, serta perbaikan berkelanjutan.

“Diharapkan dengan adanya review oleh lembaga internasional ini membuat Bandara Lombok akan lebih mendapat kepercayaan publik karena adanya jaminan keamanan di bandara, yang tentunya akan berkontribusi langsung terhadap peningkatan standar layanan kepada para pengguna jasa bandara,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Rahmat Adil Indrawan.

Berita Terkait

Jasa Raharja Jamin Korban Kecelakaan di Exit Tol Bawen Semarang Jawa Tengah
Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Tano Gelar KRYD, Guna Antisipasi Tindak Pidana 3C
Berikan Kesan Hangat dan Semangat, Pangkoarmada I Kunjungi Lantamal XII
Kapolres Bima Kota Pimpin Apel Gelar Kelengkapan Kendaraan Dinas dan Almatsus dalam Rangka Kesipan Pengamanan Pemilu 2024
Jasa Raharja dan Polda Maluku Gelar Kampus Gathering
Ketum HIKMU Nabil M.Salim Serahkan Kaos Kie Raha FC
Pesawat Tambora Air Alami Kecelakaan Di Bandara Lombok
Berita ini 25 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 24 September 2023 - 15:07 WIB

Kapolsek Maluk Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Di Binnaul Ummah

Minggu, 24 September 2023 - 09:35 WIB

Kapolda NTB Resmikan Rumah Terpadu di Desa Kediri Selatan Lobar

Sabtu, 23 September 2023 - 11:13 WIB

Sat Binmas Dan Bhabinkamtibmas Polres KSB, Dapatkan Arahan Serta Pelatihan Dari Direktorat Binmas Polda NTB.

Jumat, 22 September 2023 - 16:26 WIB

Polres Loteng Gelar Maulid Nabi Besar Muhammad SAW

Jumat, 22 September 2023 - 13:04 WIB

Jonggat Jurnalis Family Wujudkan Keinginan Ibu Minasih Untuk Memiliki Rumah Layak Huni

Rabu, 20 September 2023 - 05:31 WIB

Musim Kemarau Polres Sumbawa Barat Berikan DIASIH dan Beberapa Himbauan Karhutla

Senin, 18 September 2023 - 21:47 WIB

Antusias Warga, Sambut Kedatangan Dit Samapta Polda NTB

Minggu, 17 September 2023 - 06:08 WIB

GIB Bersama Pemerintah Desa Perina Gelar Konser Amal Untuk Menyantuni Anak Yatim/Piatu Dan Yang Berhak

BERITA TERBARU