Pedoman Media Siber

Sebagai jurnalis, kita memiliki tanggung jawab untuk melayani publik dengan memberikan informasi yang akurat, adil, dan tidak memihak.

Kami mengambil peran kami dalam masyarakat dengan serius dan berkomitmen pada prinsip-prinsip berikut:

Kebenaran dan Keakuratan: Kami akan berusaha untuk memastikan bahwa semua informasi yang disajikan benar, akurat, dan diteliti secara menyeluruh. Kami akan dengan jelas membedakan antara berita dan opini.

Objektivitas dan Kewajaran: Kami akan menyajikan fakta secara objektif dan adil, tanpa bias atau prasangka. Kami tidak akan dengan sengaja memiringkan cerita untuk memihak salah satu pihak.

Integritas dan Transparansi: Kami akan berperilaku dengan integritas, menghindari konflik kepentingan dan mengungkapkan konflik tersebut ketika muncul. Kami akan transparan tentang sumber dan metode kami.

Rasa Hormat dan Sensitivitas: Kami akan memperlakukan semua individu dengan rasa hormat dan kepekaan, dan tidak akan menggunakan bahasa atau stereotip yang menyinggung.

Privasi dan Persetujuan: Kami akan menghormati privasi individu dan meminta persetujuan mereka sebelum menggunakan informasi atau gambar pribadi mereka.

Akuntabilitas dan Koreksi: Kami akan bertanggung jawab atas pekerjaan kami, dan akan memperbaiki kesalahan dengan segera dan transparan.

Pengembangan Profesional: Kami akan terus belajar dan mengembangkan keterampilan kami, untuk memastikan bahwa kami dapat memenuhi standar jurnalisme tertinggi.

Dengan berpegang pada prinsip-prinsip tersebut, kami akan menjaga kepercayaan dan keyakinan publik, serta menjunjung tinggi peran penting jurnalisme dalam masyarakat demokratis