Bupati dan Wakil Bupati Loteng Resmikan Infrastruktur di Hari Bhakti PU Ke-78

- Wartawan

Selasa, 19 Desember 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

NESIANEWS.COM – Rangkaian peringatan Hari Bhakti Pekerjaan Umum ( PU ) ke-78 berlangsung kegiatan peresmian pembangunan proyek infrastruktur di wilayah selatan Lombok Tengah menutup pekerjaan tahun 2023, di Desa Montong Sapah, selasa (19/12/23).

Kekompakan Bupati Lombok tengah HL.Pathul Bahri,S.Ip, M.AP dan Wakil Bupati Dr.HM.Nursiah,M.Si., hadiri peresmian ruas jalan Lendang Bao Desa Batu Jangkih ke Kebon Jeruk Desa Montong Sapah Kecamatan Praya Barat Daya menunjukkan simbol persatuan pemimpin Lombok tengah untuk bersama-sama meraih kemajuan.

Hal tersebut sangat berkesusaian dengan slogan yang diusung Dinas PU-PR sebagai refresentasi ” Pekerja keras, bergerak cepat, bertindak cepat, bersatu jaya membangun Tastura,”.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kepala Dinas PU PR Lalu Rahardian menerangkan, Proyek jalan ini adalah salah satu kegiatan atau proyek yang dikerjakan lingkup Dinas PU PR tahun 2023.

Lebih lengkap, Rahardian melaporkan, tahun 2023 terdapat sebanyak 495 jumlah paket kegiatan yang dikerjakan. Tersebar merata di seluruh Kabupaten Lombok tengah dengan alokasi anggaran sebesar 139 milyar lebih.

BACA JUGA :  Modus Pura-pura Bantu Korban Kecelakaan, Dua Pencuri Diringkus Tim Reskrim Polres Lobar

” 48 milyar lebih bersumber dari DAK, 59 milyar lebih dari DAU, 5 milyar lebih dari dana DBCHT,” paparnya.

Dijabarkan, rinciannya yaitu 45 milyar lebih dialokasikan untuk bangun jalan dan jembatan. 3,4  milyar lebih untuk irigasi. Penyediaan air minum dan sanitasi sekitar 45 milyar lebih. Khusus wilayah selatan paket yang dikerjakan jalan Lendang Bao ke Kebun jeruk, jalan ruas Mangkung-Selong blanak, Pian Buwun Mas Kecamatan Pujut.

Sementara Jembatan, ada jembatan rapat hubungkan Kecamatan Praya timur Desa Kidang dan Kecamatan Pujut Desa Bangkat parak. Selanjutnya, jembatan Sinah di Desa Pengembur, jembatan Desa Tumpak, dan Jembatan di Desa Kute.

Dipaket irigasi, ada di Batu ngapah Desa Kidang, rehab di Desa Mujur, Embung Batu bokah Desa Banyu urip.

” Kalau penyediaan air bersih dan sanitasi merata di 12 Kecamatan,” lugasnya sambil mengakhiri dengan  sebuah pantun yakni Sentul dipilah sisipin duren, supaya bisa taruhin tebu. Pathul Nursiah pemimpin keren, membawa kita semakin maju.

BACA JUGA :  Prabowo Sumbang Sapi Qurban Limosin Untuk di Loteng dan Lotim

Bupati HL.Pathul Bahri, S.Ip,M.AP., dalam sambutannya turut berucap syukur karena sekarang tidak malas lagi turun ke lapangan sebab jalan sudah bagus. Meski diakui kondisi infrastruktur Loteng baru 80 persen posisi mantap. Sehingga Pemkab terus berupaya lakukan Pembenahan.

” Bagi wilayah yang jalannya sudah bagus mari kita jaga dan rawat sebagai tanggung jawab bersama, bagi yang belum dihimbau bersabar, semua hanya soal waktu, tinggal semua pihak tingkatkan diskusi dan usaha bersama cari solusi ketika ada persoalan, insyaAllah semua pasti terwujud,” sampainya.

Bupati mengarahkan, agar dapat merealisasikan harapan masyarakat. Peran semua pihak dari Pemerintah hingga warga sangat penting. Terutama dalam menjaga keamanan, kondusifitas dan kelancaran roda pembangunan Daerah wisata agar banyak tamu datang yang dapat hasilkan uang. Dari sanalah tercipta sirkulasi yang berimplikasi langsung manfaatnya ke masyarakat untuk belikan Kadus motor, gaji merebot masjid, membangun insfrastrukur dan lainnya.

” Tujuan pemerintah mulia, hasil sebuah kontestasi politik tidak boleh binakire, melainkan harus berbuat untuk kepentingan yang lebih luas,” tandasnya.

BACA JUGA :  Hermin Ernawati Makin Mantab Menuju Kemenangan, Apalagi Sandiaga Uno Kini Resmi Berseragam Hijau

Sebagai bentuk terimakasih yang mendalam, Darbe Kepala Desa Montong Sapah mengutarakan lewat pantun : “Dari sekian banyak merpati, hanya satu yang jatuh ke bumi. Dari sekian banyak Bupati hanya Pathul-Nursiah yang menepati janji”.

Darbe sangat bangga dan terharu, jalan hotmik ini sudah jadi impian warga sejak 40 tahun silam, dan sekarang akhirnya bisa kenyataan. Pathul-Nursiah telah jawab keinginan.

Tentu adanya ekses jalan yang memadai, tukasnya, akan berdampak besar pada keberlangsungan kehidupan masyarakat. Baik dalam akses perekonomian, kesehatan, pendidikan, akomodasi, pariwisata, lalu lintas barang dan jasa dan banyak lagi. Apalagi jalan di Montong sapah ini sebagai jalur strategis, pintu keluar masuk perbatasan lintas Kabupaten yang menghubungkan Lombok tengah dan Lombok barat.

Pantauan di lokasi, acara Peresmian Jalan ditandai dengan pemotongan pita dan pecah kendi oleh Wakil Bupati HM.Nursiah bersama Bupati Pathul disaksikan segenap pejabat OPD, Camat, Kades, TNI-Polri, Toga, Toma, Tokoh Pemuda dan tamu undangan. Dirangkai dengan pembagian santunan kepada 78 anak yatim.

Berita Terkait

Kisah Ex-Napiter Yang Memanfaatkan Program Deradikalisasi Dengan Baik Kini Berhasil Menjadi Pengusaha Mebel
Tantangan Terbesar: Pelantikan dan Pengukuhan Satgas Cyber Crime RI-1 di Jakarta oleh Menkominfo dalam Menghadapi Kejahatan Digital yang Mencekam
Pengukuhan Perpanjangan Masa Jabatan 118 Kepala Desa Sekabupaten Lombok Tengah
Libur Sekolah, Pergerakan Penumpang di Bandara Lombok Meningkat
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meresmikan Museum Penanggulangan Terorisme Adhi Pradana pada hari ulang tahun BNPT ke-14 di Kompleks BNPT,
Hari Kedua Operasi Patuh Rinjani, Polres Loteng Tindak 79 Pelanggar Lalu Lintas
Untuk Menciptakan Situasi Aman dan Kondusif, Polsek Ambalawi Laksanakan Patroli Cipkon KRYD
Polres Loteng Gelar Apel Operasi Patuh Rinjani 2024

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 11:02 WIB

Tantangan Terbesar: Pelantikan dan Pengukuhan Satgas Cyber Crime RI-1 di Jakarta oleh Menkominfo dalam Menghadapi Kejahatan Digital yang Mencekam

Rabu, 17 Juli 2024 - 21:29 WIB

Pengukuhan Perpanjangan Masa Jabatan 118 Kepala Desa Sekabupaten Lombok Tengah

Rabu, 17 Juli 2024 - 15:11 WIB

Libur Sekolah, Pergerakan Penumpang di Bandara Lombok Meningkat

Selasa, 16 Juli 2024 - 20:55 WIB

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meresmikan Museum Penanggulangan Terorisme Adhi Pradana pada hari ulang tahun BNPT ke-14 di Kompleks BNPT,

Selasa, 16 Juli 2024 - 19:42 WIB

Hari Kedua Operasi Patuh Rinjani, Polres Loteng Tindak 79 Pelanggar Lalu Lintas

Selasa, 16 Juli 2024 - 05:34 WIB

Untuk Menciptakan Situasi Aman dan Kondusif, Polsek Ambalawi Laksanakan Patroli Cipkon KRYD

Selasa, 16 Juli 2024 - 05:15 WIB

Polres Loteng Gelar Apel Operasi Patuh Rinjani 2024

Kamis, 11 Juli 2024 - 22:23 WIB

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkap, partainya telah menyiapkan kader terbaik, yaitu pengusaha Jusuf Hamka, untuk mendukung Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

BERITA TERBARU

Politik

Sikap Gerindra NTB Yang Harus Diambil Pada Pilkada 2024

Rabu, 24 Jul 2024 - 08:13 WIB